Rabu, 15 Mei 2013


SOAL KKPI MS. EXCEL

Pilihan ganda

1.    Yang bukan termasuk bagian dari lembar kerja Microsoft Excel adalah …
     a.    Kolom
     b.    Baris
     c.    Cell
     d.    Range
     e.    Query
2.    Untuk membuat formula atau rumus, maka pada awal data harus ditulis tanda …
     a.    =
     b.    +
     c.    *
     d.    @
     e.    $
3.    Fungsi statistic yang digunakan untuk mencari rata-rata adalah …
    
a.    SUM
     b.    AVERAGE
     c.    MAX
     d.    MIN
     e.    COUNT
4.   
Penulisan pada fungsi logika IF Tunggal adalah …
     a.    =IF(Ekspresi Logika,perintah-1)
     b.    =AVERAGE(Ekspresi Logika,perintah-1,perintah-2)
     c.    =SUM(Ekspresi Logika,perintah-1,perintah-2)
     d.    =IF(Ekspresi Logika,perintah-1,perintah-2)
     e.    =AND(Ekspresi Logika,perintah-1,perintah-2)
5.    Fungsi yang digunakan untuk mengambil sebagian data teks dari sisi sebelah kiri sebanyak karakter yang diinginkan disebut fungsi …
     a.    MID
     b.    IF
     c.    LEFT
     d.    RIGHT
     e.    SUM
6.    Penulisan pada fungsi yang digunakan untuk mengambil data teks dari tengah sebanyak karakter yang diinginkan adalah … 
    
a.    =LEFT(Teks,Jumlah Karakter)
     b.    =RIGHT(Teks,Jumlah Karakter)
     c.    =MID(Teks,Posisi karakter pertama yang ditunjuk,Jumlah Karakter)
     d.    =RIGHT(Teks,Posisi karakter pertama yang ditunjuk,Jumlah Karakter)
     e.    =MID(Teks,Jumlah Karakter)
7.    Alamat sel yang tidak akan berubah apabila di-copy atau dipindahkan (move) disebut alamat sel …
    
a.    Relatif
     b.    Absolute
     c.    Positif
     d.    Negative
     e.    Jamak
8.    Kolom B tidak akan berubah apabila di-copy sedangkan nomor kolom 3 akan berubah, maka penulisan alamat sel tersebut adalah …
     a.    $B3
     b.    B$3
     c.    $B$3
     d.    $B3$
     e.    B3$
9.    Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan suatu nilai dari suatu table secara vertikal disebut fungsi …
     a.    VLOOKUP
     b.    HLOKUP
     c.    MID
     d.    RIGHT
     e.    LEFT
10.    Fitur yang digunakan untuk mengelompokkan menu, sehingga tidak membutuhkan menu berlapis saat menjalankannya adalah …
     a.    Themes
     b.    Kolom
     c.    Ribbon
     d.    Button
     e.    Range

Soal : Jawablah pertanyaan berikut :
  1. sebutkan dan jelaskan ada berapa cara untuk menjalankan program aplikasi ms excel dan apa manfaat dari program aplikasi ms excel?
  2. apa yang dimaksud workbook, worksheet dan sheet dan apa perbedaannya?
    1. Workbook                     b.  Worksheet   c. sheet
  3. sebutkan dan jelaskan ada berapa cara untuk menentukan nomor dengan urut dan cepat
  4. apa berbedaan dari
    1. format => cell => number => Currency
    2. format => cell => number => Accounting
  5. dalam program aplikasi ms excel terdiri dari kolom dan baris, pertemuan baris dan dan kolom disebut apa? dan ada berapa jumlahnya?  
  6. apakah fungsi rumus absolut dan ada berapa cara untuk membuat rumus absolut?
  7. jelaskan dan berikan contoh dari istilah berikut:
    1. Sum                 b. Average                   c. Min
d.   Max                  e. Countif                      f. Rank
g.   IF                     h. Absolut
  1. sebutkan 3 langkah membuat atau memulai membuat sebuah diagram dan grafik?
  2. bagaimana proses menyajikan data dalam sebuah diagram dan grafik?
  3. sebutkan jenis atau type diagram dan grafik!





Selamat Mengerjakan Semoga Sukses






















LATIHAN SOAL KKPI ( MS POWER POINT)

PILIHAN GANDA

1.Microsoft PowerPoint adalah paket program Microsoft Office yang digunakan untuk ….
    A. Membuat pengetikan naskah
    B. Membuat laporan daftar
    C. Membuat grafik
    D. Membuat program komputer
    E. Membuat presentasi dalam berbagai tapilan

2. Lembar kerja pada Microsoft PowerPoint biasa disebut sebagai …
    A. Slide
    B. Clip
    C. Layer
    D. Themes
    E. File

3. Untuk menambahkan slide baru dapat dilakukan melalui menu bar …
    A. Insert – Group Slides – New Slides
    B. Button – Insert – New Slides
    C. Home – Group Sides – New Slides
    D. Home – Styles – New Slides
    E. Start – Insert – New Slides

4. Format file dokumen Microsoft PowerPoint pada umumnya ber-extention …
    A. xls
    B. ppt
    C. rft
    D. mdb
    E. doc

5. Cara menambahkan Bullets and Numbering adalah …
    A. Home – Font – Bullets and Numbering
    B. Home – Editing – Numbering
    C. Home – Styles – Bullets and Numbering
    D. Insert – Paragraph – Bullets and Numbering
    E. Home – Paragraph – Bullets and Numbering

6. Untuk menampilkan slide presentasi juga dapat ilakukan dengan lebih cepat dengan menekan pada keyboard  tombol …
   
A. F6
    B. F5
    C. Ctrl – A
    D. Enter
    E. Ctrl – Enter

7. Animasi pergantian slide pada saat ditampilkan disebut …
    A. Efek Slide
    B. Efek animasi
    C. Efek transisi
    D. Media Clip
    E. Group Animasi

8. Cara menambahkan efek pada teks atau objek adalah …
   
A. Animation – Custom Animation – Group Animation – Animated
    B. Effect – Group Animation – Animated – Custom Animated
    C. Animation – Effect – Group Animation – Custom Animated
    D. Home – Group Animation – Animated – Custom Animation
    E. Animation – Group Animation – Animated - Custom Animated

9. Yang digunakan untuk menghubungkan antara slide satu dengan slide yang lain atau dengan file presentasi yang lain disebut
    A. Hyperslide
    B. Action
    C. Transition
    D. Hyperlink
    E. Animasi

10. Untuk menambahkan teks pada slide, pilih dan klik menu …
    A. Insert – Group Text – Text Box
    B. Insert – Paragraph – Text Box
    C. Home – Group Text – Text Box
    D. Home – Group Text – Font
    E. Insert – Group Text – Font

11. Cara membuat presentasi dengan master presentasi, klik …
    A. Home – Presentation Views – Slide Master
    B. Home – View – Slide Master
    C. Insert – Presentation Views - Slide Master
    D. View – Insert – Slide Master
    E. View – Presentation Views – Slide Master

12. Untuk mengatur format teks dengan cara seleksi atau klik teks yang akan diedit, kemudian klik menu …
    A. Insert – Group Font
    B. View – Group Font
    C. Home – Text
    D. Home – Group Font
    E. Design – Text

13. Cara menghapus slide yaitu pilih slide yang akan dihapus kemudian pilih menu …
    A. Home – Slides – Delete
    B. Home – Editing – Delete
    C. Insert – Slides – Delete
    D. Insert – Editing – Delete
    E. Editing – Slides – Delete

14. Yang tidak termasuk dalam menu insert adalah …
    A. Illustrations
    B. Table
    C. Text
    D. Link
    E. Animation

15.
Cara membuat album foto dengan  menambahkan foto album melalui menu …
   
A. Home – photo album – new photo album
    B. Insert – photo album – new photo album
    C. Insert – picture – new photo album
    D. Insert – image – new photo album
    E. Home – image – new photo album

ESSAY
1. Bagaimana cara membuat hyperlink?
2. Apa yang dimaksud dengan slide?
3. Jelaskan cara menambahkan table pada slide presentasi!
4. Bagaimana cara mengatur warna background?
5. Jelaskan apa fungsi dari Ms PowerPoint!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar